Edukasi Menggunakan Metode Kreatif

Edukasi Menggunakan Metode Kreatif

Untuk memajukan sektor pendidikan di Indonesia, EDU Foundation, Allianz Indonesia, dan Ilmuwan Muda Indonesia berkolaborasi demi mencapai tujuan tersebut. Sebuah program bertajuk PEDIA (Program Edukasi Inovatif untuk Anak) akan diberikan terutama kepada siswa SD dan SMP, tutor PAUD, dan guru SMP.

Proyek yang akan dilaksanakan PEDIA selama 1 tahun, meliputi:

  • Kantin Sehat dan Gerakan Cuci Tangan
  • Perpustakaan dan Laboratorium Keliling dengan Mobil Cerdas Allianz
  • Anti-Bullying dengan menggunakan Stand-Up Comedy sebagai Terapi Asertif
  • Pelatihan Pemantapan Kurikulum 2013 dan Pembuatan APE untuk Tutor PAUD

PEDIA diadakan dalam rangka membangun generasi anak yang sehat secara jasmani dan mental, serta memiliki sikap yang ilmiah dalam menangani setiap situasi. Sedangkan untuk para guru, tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam perannya sebagai pendidik dan pembina siswa. Jumlah penerima manfaat langsung program ini hampir mencapai 3000 orang termasuk siswa, guru, orangtua, dan pengurus kantin dari 5 PAUD, 5 SD, dan 5 SMP di DKI Jakarta.

Relawan Allianz melakukan eksperimen bersama anak-anak SDN 02 Marunda (Jakarta Utara)

Mo Sidik menjelaskan cara membuat Standup Comedy di SMPN 57 Jakarta (Jakarta Selatan)

 

Relawan Allianz Indonesia juga turut berperan aktif dalam program ini memberikan pelatihan keuangan dasar rumah tangga bagi pemilik kantin sekolah, guru, serta orangtua. Para relawan juga membantu kegiatan Mobil Cerdas Allianz yang membawa perpustakaan dan laboratorium keliling ke sekolah – sekolah.

Puji Nurhayat, Project Manager PEDIA mengungkapkan, “Program PEDIA yang mendidik dengan metoda yang kreatif, mendapatkan feedback yang sangat positif dari para penerima manfaat; baik siswa, orangtua, guru, dan pengelola kantin. Saya berharap program ini bisa terus diimplementasikan secara menyeluruh di DKI Jakarta dan juga daerah lain.”

Managing Director Ilmuwan Muda Indonesia, Kartika Oktorina mengungkapkan, “Ilmuwan Muda Indonesia sangat senang bisa berkolaborasi dengan EDU Foundation dan Allianz Indonesia di program PEDIA, khususnya untuk pelatihan membuat Alat Permainan Edukatif (APE) bertema sains dan laboratorium keliling Mobil Cerdas Allianz. Program ini membuka akses bagi banyak anak untuk belajar sains dengan alat peraga yang menyenangkan.”