Program Pelatihan Tutor PAUD

Program Pelatihan Tutor PAUD

Kondisi dan kualitas pendidikan usia anak usia dini atau PAUD kerap kali dikesampingan. Isunya terkubur oleh isu-isu pendidikan yang lain. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa isu pendidikan di Indonesia banyak sekali dan butuh waktu, kerja sama dan komitment banyak pihak untuk menyelesaikan. Tapi kondisi dan kualitas PAUD tidak kalah pentingnya dengan pendidikan yang lain, jika tidak yang paling penting. Karena faktanya 50% potensi kognitif kita sebagai manusia berkembang sampai dengan usia 8 tahun. Kemendikbud tahun 2015 menyebutkan bahwa kapasitas kecerdasan manusia 50%nya dibentuk sampai usia 4 tahun. Usia-usia tersebut adalah usia PAUD. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan usia dini sangatlah penting dalam pembentukan potensi kecerdasan manusia.

Kondisi dan kualitas PAUD lekat dengan keadaan pendidiknya. Mayoritas belum memiliki sertifikat atau memenuhi kualifikasi sebagai guru, oleh karena itu mereka disebut tutor atau kader PAUD. Kader/Tutor PAUD merupakan anggota masyarakat yang berprofesi sebagai pengajar. Terdapat sekitar 190.158 PAUD di bawah Kemendikbud saja, namun sayang baru sekitar 5% dari pengajar PAUD tersebut yang tersertifikasi atau memenuhi kualifikasi menjadi guru. Para kader/tutor PAUD ini sudah memiliki semangat, ketulusan serta keinginan untuk memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anak usia dini. Hal tersebut haruslah didukung dengan berbagai kegiatan pengayaan dan pemberdayaan.

EDU Foundation mempunyai sebuah program pelatihan untuk kader/tutor PAUD. Program tersebut merupakan bagian dari pemberdayaan anak & pemuda, serta pemberdayaan perempuan. Mengapa termasuk dalam pemberdayaan perempuan? Karena hampir 100% kader/tutor PAUD adalah perempuan dengan mayoritas usia 21-50 tahun. Mayoritas tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan kualifikasi sebagai guru.

Tujuan dari program pelatihan ini adalah untuk pembangunan kapasitas para kader/tutor PAUD dari komunitas kurang mampu. Program ini didukung penuh oleh Allianz Indonesia dan merupakan bagian dari project PEDIA kami (Program Edukasi Inovatif untuk Anak). Program pelatihan ini memberikan 3 pelatihan dasar penting yaitu :

  • Pelatihan penerapan Kurikulum Nasional 2013 untuk PAUD (K13).
  • Pelatihan membuat rencana pembelajaran harian dan metode evaluasi perkembangan anak.
  • Pelatihan membuat alat permainan edukatif atau APE bertema sains yang murah, ramah anak dan ramah lingkungan.

Pelatihan ini akan sangat membantu mereka. Temuan kami di lapangan menunjukkan banyak sekali kader/tutor PAUD yang tidak memiliki pengetahuan tentang penerapan K13 serta hal yang dasar sekali yaitu membuat rencana pembelajaran dan evaluasi perkembangan anak. Dengan pelatihan ini, selain mereka mendapatkan pengetahuan dan kemampuan penerapan K13 mereka juga akan mendapatkan sertifikat yang dapat mereka ajukan ke dinas pendidikan sebagai penunjang sertifikasi per individu. Sertifikasi ini berpengaruh terhadap pendapatan mereka. Dengan meningkatnya pendapatan mereka, kualitas hidup mereka pun akan membaik.

Program Pelatihan K13 di PAUD Azzahra, Jakarta Selatan

Penggunaan APE Lab Mini oleh anak-anak di PAUD Bougenville 011, Jakarta Utara

 

 

 

 

 

 

 

Foto bersama Allianz dan Peserta Pelatihan Kader di PAUD Azzahra, Jakarta Selatan

Sedangkan pelatihan membuat APE penting karena, APE memiliki peran signifikan dalam pengembangan sikap ilmiah anak sejak dini dan sebagai sarana atau peralatan bermain yang mengandung nilai pendidikan dan dapat mengoptimalkan perkembangan anak. APE selama ini kebanyakan merupakan hasil swadaya masyarakat atau modal pribadi kader/tutor PAUD. Bahkan masih banyak PAUD yang belum memiliki APE yang memadai sesuai dengan kebutuhan K13. Sedangkan APE yang mahal tentu dapat memberatkan kader/tutor. Dengan pelatihan ini mereka akan mampu membuat APE yang murah dengan memanfaatkan barang sekitar, ramah anak, ramah lingkungan dan sesuai dengan K13.

Program pelatihan ini telah berjalan sukses di 5 wilayah DKI Jakarta. Kami ingin mengembangkan program ini ke lebih banyak kader/tutor dan wilayah di seluruh Indonesia.

Jika anda peduli akan isu pendidikan anak usia dini dan pemberdayaan perempuan anda dapat mengunjungi kami di www.edufoundation.or.id dan mengetahui program-program kami yang lain.